Halaman

Kamis, 11 Oktober 2012

KELAINAN KULIT KEPALA DAN RAMBUT


KELAINAN KULIT KEPALA DAN RAMBUT

Kelainan-kelainan pada rambut dapat terjadi pada batang rambut atau akar rambut, dimana penyebabnya dapat berasal dari luar maupun dari dalam tubuh
  a.  Faktor-faktor yang berasal dari luar
  • Iklim. Iklim merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan dan kecantikan rambut. Udara yang terlalu panas atau dingin akan menyebabkan rambut menjadi kering, kusam, berketombe, rambut pecah-pecah dan berwarna merah dan rontok.
  • Mekanis. Terjadinya benturan, tekanan dan tarikan yang berulang-ulang dapat mengakibatkan kerontokan dan kebotakan pada rambut. Rambut sering diikat dengan kencang, sering memakai wig, pemakaian bahan-bahan kimia kosmetik yang berbahaya, pencatokan, pengkritingan dll yang berlebihan dan terus menerus, memakai tutup kepala atau topi terus menerus.
  • Makanan. Banyak mengandung makanan yang berlemak dan pedas dapat memicu kelenjar minyak, keringat banyak keluar, pori-pori terbuka sehingga rambut mudah tercabut dari akarnya. Pemakaian obat-obatan, kondisi orang yang rentan terhadap obat rambutnya akan mengalami kerusakan, stress dan kelelahan. 
  • Lingkungan. Kondisi air yang digunakan untuk mencuci rambut kotor dan berlumut sehingga menyebabkan rambut kotor dan mudah terkena penyakit. Adanya binatang piaraan yang kurang diperhatikan cara pemeliharaannya. Sering kontak baik secara fisik ataupun benda-benda milik seseorang yang menderita penyakit pada kulit kepala dan rambutnya. Udara yang terlalu lembab dan penggunaan AC yang berlebihan dapat menyebabkan rambut menjadi lembab, lepek, kotor dan mudah ditumbuhi jamur.
  • Penggunaan air hangat atau air panas setiap hari.
  • Karena operasi ataupun kemotherapi.
  • Merokok, minum minuman keras dan bersoda.
b. Faktor - faktor yang berasal dari dalam
  • Karena demam. Hal ini akan menyebabkan kentalnya darah, di samping itu adanya penguapan air pada sel atau dehidrasi sehingga menyebabkan akar rambut rontok dan kusam.
  • Gangguan keseimbangan hormon. Bila hormon tidak seimbang atau mengalami gangguan, maka hal ini akan menampakkan kelainan pada akar rambut dan kulit kepala. Misalkan KB yang tidak cocok. 
  • Ketidakseimbangan makanan.Makanan sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. Orang yang menu makanannya tidak seimbang atau menyukai makanan-makanan yang disenangi saja atau kekurangan protein maupun kelebihan vitamin A, jelas akan membuat kelainan-kelainan pada rambut. 
  • Keracunan makanan atau obat-obatan. Misalnya banyak menelan obat-obatan kanker. Hal ini akan menyebabkan kerontokan rambut.  
  • Faktor keturunan atau genetis. Hal ini merupakan salah satu faktor yang agak susah dalam pengobatannya.
  • Sress dan wanita yang sedang hamil. 
Gangguan pada akar rambut secara otomatis akan menyebabkan gangguan pada batang rambut, sedangkan gangguan pada batang rambut belum tentu sampai menyebabkan gangguan pada akar rambut. Berikut macam-macam kelainan pada rambut :
a.  Penyakit Mutiara
Merupakan penyakit semacam benda-benda kecil yang melekat pada rambut, bentuknya bulat berwarna abu-abu agak keputih-putihan. Di tempat ini rambut mudah patah dan ujungnya berbelah. Biasanya disebabkan oleh kurang bersihnya pada saat pencucian rambut atau adanya sisa-sisa zat kimia seperti shampoo, hair spray. Di samping itu yang paling mendasar lagi adalah adanya kerusakan pada lapisan batang rambut.
b.  Cinities
Merupakan istilah untuk rambut beruban. Rambut uban terjadi bila zat warna atau pigmen rambut mulai menghilang terdesak oleh hawa. Kondisi rambut uban dapat terjadi karena faktor usia, cacat bawaan dan sebagainya. Di samping itu penyebab cinities ini juga karena suatu penyakit misalnya lepra atau goncangan jiwa yang tiba-tiba, banyak pikiran dan sebagainya. Cinities ada 2 macam yaitu :
  • Congenital Cinities, terjadi sejak lahir. Jadi pada rambutnya tidak ada zat warna dan kadang-kadang dia terdapat disekelompok rambut kepala.
  • Acquire Cinities, muncul setelah orang mulai berumur atau menjelang usia dewasa. Biasanya ini disebabkan oleh depresi mental, kecemasan, nervous, sakit yang lama atau sakit turunan.
c.  Trichoclasia
Penyakit rambut yang ditandai dengan timbulnya simpul-simpul pada batang rambut yang berwarna putih-putih seperti penyakit mutiara. Ini disebabkan karena matrix rambut terganggu. Bila selang-seling putih-putih tersebut sudah mulai muncul, maka rambut akan mudah putus-putus (rapuh), karena tidak mendapat oksigen yang merata pada setiap batang rambut.
d.  Trichoptilosis
Merupakan keadaan dari ujung rambut yang pecah-pecah menyerupai serabut. Hal ini timbul karena kurang perawatan, di samping itu juga disebabkan gizi yang tidak seimbang, cara pemakaian kosmetik yang kurang cocok/tidak tepat, sering terkena terik matahari dan terlalu sering menggunakan alat-alat listrik untuk perawatan rambut.  
e.  Hypertrichosis/Hirsutisme
Merupakan suatu istilah untuk rambut yang tumbuh melebar dan tebal secara berlebih.
f.  Trichohexis Nodosa
Adalah rambut yang pada jarak tertentu membesar, menonjol/menebal dan didekat benjolan itu rambut pecah seperti serabut pada bagian ujungnya dan kadang terjadi simpul-simpul. Hal ini disebabkan karena rambut kekurangan minyak dan zat protein, sehingga terjadi kemunduran pada kualitas keratin batang rambut.
g.  Monilethri/Monilethria

Yaitu kondisi dimana pada jarak tertentu dibatang rambut tumbuh semacam kelainan pada batang rambut tersebut yakni tumbuh rambut secara menebal dan kemudian menipis lalu putus-putus, setelah itu ujung-ujung rambut juga seperti serabut. Biasanya bila rambut mengalami hal seperti itu, maka kulit kepala menjadi kering. Penyebab utamanya adalah karena faktor keturunan.
h.  Alopecia
Gbr Pola-pola kebotakan
Disebut juga dengan istilah kebotakan yang merupakan kelainan pada rambut yang rontok secara terus menerus. Terdapat berbagai jenis tipe kebotakan yaitu :
  • Alopecia areata adalah kebotakan yang terjadi pada tempat-tempat tertentu, berbentuk bulatan-bulatan atau diistilahkan juga dengan kebotakan setempat.
  • Alopecia adusta adalah kebotakan yang disebabkan oleh pembawaan (botak asli) sejak lahir. Keadaan botak ini bisa seluruhnya atau sebagian dari rambut dikepala.
  • Alopecia senetis adalah kebotakan yang terjadi karena faktor usia yaitu pada umur yang sudah semakin tua, rambut yang rontok tidak tumbuh lagi.
  • Alopecia seboheica capitis adalah kondisi dimana rambut rontok terus menerus. Hal ini juga disebabkan oleh karena adanya gangguan penyakit pada kelenjar minyak (kelenjar sebasea).
  • Alopecia cecatricata adalah suatu kondisi yang disebabkan karena sesuatu hal (misalnya sakit dll), sehingga kulit tidak wajar keadaannya. Tanda-tandanya yaitu timbulnya lingkaran-lingkaran atau berbentuk lonjong bahkan ada juga yang tidak teratur.
  • Alopecia dynamica adalah kerontokan rambut karena kerusakan pada folicle. Hal ini disebabkan oleh suatu infeksi yang menyerang follicular atau karena proses penyakit lain misalkan infeksi jamur.
  • Alopecia syphylitica merupakan kebotakan akibat kerontokan rambut karena penyakit syphilis.
  • Alopecia localis adalah rambut rontok setempat, biasanya disebabkan oleh gangguan pada urat saraf yang berada di sekitar daerah yang rontok tersebut.
  • Alopecia moligua adalah sebutan bagi sejenis alopecia tetapi lebih parah dan menetap.
  • Alopecia universatis adalah kerontokan rambut secara missal (seluruh tubuh). Hal ini disebabkan karena menderita sakit yang agak parah misalnya demam karena typhus.
  • Alopecia adnoda adalah kerontokan rambut karena pembawaan (botak asli).
  • Alopecia prematura adalah kerontokan rambut pada usia yang masih muda (belum waktunya). Alopecia prematura ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu alopecia prematura idiophatica adalah rambut rontok dimulai pada tiap-tiap waktu sebelum pertengahan umur dan alopecia prematura synato neatika adalah kerontokan yang diderita karena sakit, hal ini bisa menyerang sebagian badan atau kepala bahkan bisa secara keseluruhan. Untuk itu setiap orang yang menderita penyakit alopecia ini seharusnya mengetahui penyebabnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar