Kamis, 11 Oktober 2012

JENIS JENIS RAMBUT


.     JENIS-JENIS RAMBUT
1.      Rambut Normal
Siapa orang yang tidak menginginkan rambutnya tumbuh subur, hitam dan sehat? Baik pria maupun wanita, semua mendambakan memiliki rambut sebagai mahkota tumbuh sehat dan mempesona. Berikut ini ada cara-cara membuat rambut normal atau hitam dengan menggunakan kosmetika herbal.
a.      Obat Penghitam Rambut
Bahan :
-  biji pepaya
- minyak kelapa
 Proses Pembuatan :
a. Sangrai biji pepaya hingga kering dan tumbuk hingga halus.
b. Kemudian campur tumbukkan biji pepaya tersebut dengan minyak kelapa, dan aduk sampai rata.
c. Oleskan ke seluruh rambut hingga merata, biarkan selama 1- 2 jam setelah itu baru keramas sampai bersih. Lakukanlah tiap seminggu sekali agar anda memiliki rambut yang hitam dan menarik.
b. Menghitamkan Rambut
Bahan:
-1 genggam biji pepaya tua
khasiat:
Biji pepaya yang mengandung glucoside cacirin dan karpain diketahui bermanfaat untuk menghitamkan rambut.


Proses pembuatan:
a. Biji pepaya disangrai sampai kering lalu tumbuk hingga halus.Peras dan saring.
b. Saat akan dipakai beri sedikit air, lalu oleskan ke rambut sambil dipijat-pijat.
c. Biarkan sampai kering kemudian keramas.
c. Santan dan buah sebagai herba penyubur rambut
1. Sayuran berwarna hijau tuaBayam dan brokoli adalah sayuran yang kaya vitamin A dan C. Kedua nutrisi ini dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sebum, atau minyak alami yang diproduksi kulit kepala Anda. Sebum bermanfaat untuk kondisioner rambut alami. Selain itu, sayuran berwarna hijau tua kaya akan zat besi dan kalsium.


2.      Rambut Kering
Rambut yang terlalu kering atau pun terlalu berminyak kurang baik bagi kulit kepala. Rambut kering memang terlihat kurang indah dan sulit diatur. Untuk mengatasi rambut kering, tips berikut ini mungkin dapat  dipraktekkan.
a.      Mengatasi Rambut Kering
Bahan:
-Minyak zaitun
-Gula merah
-Ekstrak vanilla
 Proses pembutan:
a.       Campurkan 100ml minyak zaitun dengan 2 sendok makan gula merah dan 1 sendok makan ekstrak vanilla. Adukhingga rata.
b.      Setelah itu, bubuhkan larutan tadi ke rambut Anda hingga merata dan lalu tutup dengan shower cap selama 30 – 45 menit.
c.       Jika sudah, bilas dan cuci bersih rambut Anda. Lakukan dua kali seminggu secara rutin.

·         Panaskan satu gelas minyak zaitun selama lima menit dan sapukan pada rambut.
·          Balut kepala dengan handuk dan panaskan dengan menggunakan pengering rambut selama setengah jam.
·         Sapukan bedak pada rambut dan sikat sehingga minyak yang berlebihan keluar. Kemudian barulah dishampoo.
·         Remaskan beberapa helai daun durian belanda dalam air. Rebus dengan air selama lima hingga sepuluh menit. Kemudian bilas rambut dengan air bersih.
c.       Masker Pisang
Bahan :
·         1 buah pisang Ambon (mengandung kalium yang bisa melembutkan rambut)
·         1 butir telur (sebagai pelembap alami)
·         3 sdm susu (penguat folikel rambut)
·         3 sdm madu (pelembap alami juga)
·         5 sdm minyak zaitun (conditioner)
Proses pembutan :
a.       Blender pisang
b.       campurkan telur, susu, madu, dan minyak zaitun ke dalamnya dan blender kembali sampai halus (jangan terlalu lama).
c.       Kemudian oleskan merata pada rambut, tutup dengan plastik.
d.      Diamkan selama 15-30 menit. Lalu bersihkan rambut dengan sampo untuk kulit kering.
3.      Rambut Berminyak
ciri-ciri rambut berminyak adalah :
1. Rambut yang terlihat tipis
2. Rambut yang menggumpal dan susah ditata
3.  Berminyak
Bagi orang yang memiliki kulit kepala serta rambut yang berminyak, perawatannya sedikit rumit. Produksi minyak yang berlebihan membuat rambut Anda lebih mudah kotor dan berketombe. Solusi Rambut Berminyak Dan Rambut Lepek. Rambut berminyak. Sedikit minyak pada rambut itu normal karena memang dibutuhkan untuk menjaga batang rambut dalam kondisi baik. Terlalu banyak minyak dapat membuat rambut anda terlihat kotor dan tidak mengembang. Jika rambut dan kulit kepala anda berminyak sebaiknya anda jangan menggunakan shampo atau conditioner maupun obat rambut yang terlalu berat untuk rambut anda. Jika hanya kulit kepala yang berminyak maka gunakan shampo untuk rambut berminyak dan conditioner untuk rambut kering untuk menyeimbangkan. Jangan asal menggunakan obat rambut.
            Anda bisa bersihkan rambut setiap dua hari sekali. Anda mungkin ingin sering mencuci rambut anda tapi kelenjar minyak pada kulit kepala dapat terstimulir akibat pijatan sehingga semakin sering mencuci rambut, kulit kepala menjadi semakin berminyak.  Ada beberapa resep khusus yang wajib dilakukan dan kebiasaan-kebiasaan yang harus dihindari untuk kulit kepala dan rambut yang berminyak, yaitu  Do's & Dont's.
Do’s
1. Keramaslah setiap kali rambut Anda kotor dan mulai berminyak. Jika itu berarti dua kali dalam sehari, masih sah saja ketimbang membiarkan rambut berminyak mengeluarkan bau tidak sedap.
2. Setelah keramas, beri rambut satu sendok perasan jeruk lemon yang dicampur dengan sedikit air, lalu oleskan secara merata kulit kepala.
3. Buatlah ramuan yang terbuat dari dua butir telur yang dikocok dengan empat sendok makan rum atau brandy. Oleskan ramuan tersebut ke rambut dan kulit kepala, lalu pijat perlahan 
(seperti saat creambath) setelah selesai, tutupi kepala dengan handuk yang telah direndam dengan air hangat.
Setelah handuk dingin, bilas rambut anda hingga bersih. Ramuan tersebut akan membuat rambut lebih mengembang dan tampak bervolume. Untuk hasil maksimal, lakukan hal ini dua kali seminggu.
4. Sisirlah rambut sebelum berkeramas. Dengan menyisir, sel-sel kulit kepala yang mati dan minyak-minyak yang berlebihan akan terangkat, sehingga hasil keramas anda akan lebih bersih.
5. Buatlah larutan dari air yang direbus dengan daun Thyme. Daun tersebut berkhasiat untuk melindungi kulit kepala agar terbebas dari ketombe. Ratakan larutan tersebut ke seluruh permukaan kulit kepala setelah keramas, dan Anda tidak perlu membilasnya.

 
Dont's
1. Memakai shampoo yang terlalu keras indikasinya akan merusak lapisan kulit kepala.

2. Memakai kondisioner yang mengandung minyak secara berlebihan, karena akan membuat kulit kepala semakin berminyak dan rambut semakin lepek.

3. Ketika hendak creambath, jangan memakai larutan yang mengandung minyak ata
upun uap yang terlalu panas, karena akan memicu produksi minyak lebih banyak. Akan lebih baik jika memakai larutan mawar, atau air biasa.

4.      Rambut rontok
               Seiring perjalanan waktu, keadaan rambut kita semakin menipis. Maklum, setiap kali menyisir, rambut rontok berjatuhan. Berbagai upaya memulihkannya
               barangkali pernah dicoba. Akan tetapi sering kali gagal.
                               Mungkin sudah saatnya kita mencoba pengobatan alternatif, yang 'tempo
               doeloe' pernah hidup. Salah satunya adalah memanfaatkan tanaman di sekitar
               kita.
            Ada beberapa tanaman seperti lidah buaya, teh, pisang, kelapa hijau,bayam, daun kacang panjang, daun urang-aring, buah lerak, dan buah nyamplung yang selama ini umum dimanfaatkan. Yang menarik adalah tak perlu keluar ongkos tinggi untuk memperoleh bahan-bahan tersebut.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar